top of page

Pertemuan Pewarta ke-1 tahun 2019

Pertemuan Pewarta adalah bagian dari kegiatan Bidang 1 BPK PKK Surabaya yang membawahi para Pewarta Sabda Awam Katolik (Pewarta). Pertemuan ini secara rutin diadakan tiga kali dalam setahun. Pertemuan Minggu 27 April 2019 ini adalah yang pertama di tahun 2019 ini. Pertemuan ini diadakan di Graha SEP Surabaya mulai pukul 10 sampai 12 dan dihadiri oleh sekitar 44 pewarta dari total sekitar 90-an pewarta yang terdaftar di BPK PKK Surabaya.


Pada pertemuan kali ini, tema yang diusung adalah “Pewartaan di Zaman Milenial” yang dibawakan oleh Bp. Satrio Hutomo (Franky). Tema ini diusung mengingat zaman sekarang yang disebut sebagai zaman milenial, di mana seperti ada tuntutan bahwa pewartaan pun harus berubah mengikuti perkembangan zaman.


Apakah yang perlu berubah? Gaya pewartaan? Teknologi yang dipakai untuk pewartaan? Atau zamannya sendiri yang berubah?

Ternyata semuanya itu tidak berpengaruh dalam hal pewartaan dalam zaman milenial ini. Karena yang membuat pewartaan itu menarik adalah ketika pewartaan itu bisa menjadi OASE di padang gurun. Hal ini tidak lekang oleh waktu dan zaman. Dari zaman dahulu sekarang dan selama-lamanya, pewartaan harus menjadi oase di padang gurun.


Menjadi oase artinya pewarta harus mengerti kebutuhan umatnya dan bisa menjawab kebutuhan umatnya.


Beberapa tips diberikan kepada pewarta supaya bisa mengerti dan menjawab kebutuhan umat yaitu antara lain:

a. Seorang pewarta adalah saksi.

b. Pewarta menyampaikan pesan melalui Sabda Tuhan yang dibacakan.

c. Pewartaan sesuai kebutuhan umat dan menyentuh pergumulan hidup umat.

d. Selalu ada mutiara yang dibawa pulang pada setiap pewartaan.


Dalam bagian akhir dari pertemuan ini diisi dengan kesaksian tiga orang pewarta yang mewakili pewarta senior yang sudah melewati berbagai zaman, pewarta yang melewati berbagai benua dan pewarta yang melayani di zaman ini. Mereka berbagi kesaksian dan tips mereka sebagai seorang pewarta yang mengandalkan Tuhan dan mengandalkan hikmat Roh Kudus, sehingga mereka pun berusaha untuk mengerti dan menjawab kebutuhan umat.

Tuhan memberkati kita semua. (PDW)






27 views0 comments
bottom of page